Karya kreasi dan kesederhanaan

A page from the mysterious Voynich manuscript,...

Manuscript

Dari pemikiran yang sederhana bisa terbentuk sebuah karya-kreasi besar, sekalipun bukan hal yang mudah untuk menyederhanakan sebuah pemikiran.

Godaan berpikir luas, dengan pola melebar se-besar-besarnya, menjadi penyebab kenapa sebagian orang mengalami kesulitan menemukan bentuk paling ideal, yang paling pas bagi dirinya sendiri, dengan demikian bisa juga menjadi manfaat bagi banyak orang.

Kreativitas dan kesederhanaan adalah milik dan hak semua orang, sekalipun tidak semua orang bisa memahami secara sederhana kedua hal tersebut. Ada orang yang sanggup menyederhanakan pikirannya sendiri terhadap hal-hal yang sesungguhnya tidak sesederhana yang dia pikirkan.

Seseorang tidak harus menjadi seorang yang pakar dibidang yang diminatinya sekalipun, apalagi kalau hanya sekedar untuk meraih apa yang dianggapnya sudah ideal dan sederhana bagi dirinya sendiri. Uniknya tidak ada kepakaran yang tidak melibatkan upaya-upaya untuk berjuang berpikir sederhana.

Seorang orator bisa saja berjuang habis-habisan untuk menyampaikan orasinya secara sederhana, supaya terdengar sederhana di telinga pendengarnya.

Seorang Penulis merevisi semua karya tulisnya, sampai menemukan bentuk yang paling ideal untuk bisa disebut sederhana, tetapi mereka tidak akan pernah bisa menemukan cara yang sederhana, untuk meyakinkan seseorang yang enggan berjuang meningkatkan kemampuan berpikir sederhananya.

Bahkan seorang pembaca bisa saja berjuang habis-habisan untuk bisa memahami sebuah karya tulis yang diminatinya sekalipun dianggapnya tidak sederhana, seraya berjuang untuk lebih menyederhanakan lagi kemampuan berpikirnya, tetapi mereka juga tidak akan pernah bisa menemukan cara yang sederhana, untuk meyakinkan seseorang yang enggan berjuang meningkatkan kemampuannya untuk berpikir sederhana.

About Suara Epiphania

Geraja Kristen Maranatha Indonesia - Epiphania

Posted on Juni 2, 2011, in Dialogika Nurani. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. sangat inspiratif, salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: